Kamis, 07 Maret 2013

TRIK JITU ATUR WAKTU

 Malang, 22 Februari 2013
Risty Krisinggih

TRIK JITU ATUR WAKTU

     Waktu adalah sesuatu yang tidak dapat diperlama, dipercepat ataupun dikembalikan. Jika dikaji ulang mengenai apa itu pentingnya waktu, maka saya setuju jika dikatakan bahwa “time is money”. Bahkan bagi saya bisa jadi time  more important than money.

     Kali ini saya akan sedikit membagi pengalaman pribadi tentang nagaimana caranya, bagaimana sulitnya, dan seperti apa cara mengatur waktu yang saya punya sebagai seorang mahasiswa yang setiap hari harus berkutat dikampus, membaca, mendengarkan dosen mengajar dan mengerjakan tugas. Sebagaimana juga saya adalah seorang aktivis yang juga dituntut dengan serangkaian tanggungjawab. Mungkin teman-teman yang ikut organisasi sudah merasakan sendiri betapa banyaknya kegiatan dan tugas yang harus diselesaikan di organisasi. Mulai dari rapat, tugas kepanitiaan, keluar lapang, latihan rutin, dll yang bisa saja menyita banyak waktu dan tenaga jika kita tidak mampu membagi waktu. Untuk itulah sekiranya ada trik-trik dari saya dengan harapan membantu teman-teman yang sedang bingung mengatur waktu, karena dulupun saya juga mengalaminya.

     Kesalahan dalam membagi waktu antara kuliah dan organisasi bisa menyebabkan kuliah berantakan, atau organisasi yang berantakan bahkan bisa dua-duanya berantakan tanpa kita dapatkan manfaatnya. Saya masih ingat dosen saya pernah bilang bahwasanya mahasiswa profesional adalah mahasiswa yang menghabiskan waktunya untuk duduk, membaca, menulis, mendengarkan dan merangkum. Tapi saya tidak setuju dengan pendapat itu. Karena bagi saya, mahasiswa yang seperti itu suatu saat akan merugi ketika ia melewatkan nikmatnya berorganisasi, nikmatnya berkegiatan dan mendapatkan berjuta pengalaman, pengetahuan baru serta soft skill yang tidak dapat kita dapatkan dibangku kuliah. Hal inilah yang selanjutnya dijadikan sebuah pertanyaan, bagaimanakah seharusnya agar kita bisa menjadi seorang mahasiswa yang cerdas juga sebagai aktivis aktif yang mampu menoreh prestasi dikeduanya?
     Disinilah pertanyaan itu selanjutnya harus kita tanyakan pada diri sendiri. Ini adalah trik pertama. Kedua, kita bikin kalender pribadi yang mampu merekab semua jadwal aktifitas pribadi selama 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, ataupun 1 tahun beserta seluruh target kerja yang harus dikerjakan baik itu tugas kuliah ataupun tugas kepanitiaan di organisasi. Ketiga, kita bawa kalender pribadi itu setiap saat kemanapun kita pergi agar selalu mengingat, selalu meng update, selalu menstrategikan, selalu mencari celah waktu dan bisa mengaksesnya dengan mudah setiap saat setiap kita inginkan. Akan lebih baik jika kalender pribadi ini berbentuk mini yang bisa dimasukkan dompet atau saku biar lebih praktis. Keempat, bikin perencanaan dan janji atau deadline yang pasti kita bisa jalankan, bukan terkesan asal-asalan atau gambling. Kelima, kita jalankan apa yang sudah kita konsepkan dan menilai sendiri seberapa jauhkah konsepan itu berjalan. Bahkan kalau perlu kita evaluasi diri sendiri atas  konsepan yang tidak berjalan.
     Organisasi tidak akan menjadi momok yang merenggut waktu kita jika kita alokasikan waktu yang ideal untuknya. Tidak berlebih dan tidak juga kurang. Dulu sering sekali saya tanyakan kepada senior tentang bagaimana caranya agar tetap aktif di organisasi tetapi kuliah juga tetep okke. Ibaratnya tetep dapet IP baguslah. Wejangan senior macam-macam mulai dari A sampai Z. Namun pada intinya adalah kembali lagi pada diri sendiri tentang bagaimana kita mampu konsisten dalam membagi waktu. Jadi semoga sedikit coretan ini bermanfaat bagi teman-teman untuk lebih mahir dalam membagi waktunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar